Buah Pepino Mampu Turunkan Berat Badan

KIM Kepel Pasuruan


Kawasan Pasuruan dan Malang rupanya tak hanya dikuasai agrowisata strawberry dan apel. Baru-baru ini, muncul buah yang masih satu famili dengan terong. Pepino namanya. Buah ini memiliki kombinasi rasa antara buah belewah, mentimun, tomat dan melon.



Salah satu petani Pepino, Yulianto mengaku baru mencoba menanam benih buah berkulit hijau ini sekitar dua tahun yang lalu. Ia mendapat bibit tanaman tersebut dari Belanda bersamaan dengan kiriman bibit strawberry.

"Mulanya saya dapat import benih dari Belanda, lalu saya coba budidayakan sendiri di kebun kami," kata Yulianto yang kini bersama para petani Pepino membuka Agrowisata Pepino di Dusun Ngadipuro, Nongkojajar, Pasuruan, Senin (20/6/2011).

Kepada detiksurabaya.com Yulianto menjelaskan, bahwa Pepino memiliki rasa familiar dan sangat disukai orang Indonesia khususnya Jawa. Saat di lidah, kombinasi rasa buah timun emas, blewah dan melon terasa begitu menyegarkan. Namun berulang kali dirasakan, karakter rasa buah melon masih mendominasi Pepino.

Sementara itu pepino juga mudah dibudidayakan. Benih yang dipakai untuk menanam bisa diambil dari biji yang ada di dalam buah. Atau dipetik batang pohonnya, lalu diproses memakai perangsang obat.

Atau bila Anda ingin melihat proses pembudidayaan Pepino, Agrowisata Pepino yang berlokasi sekitar 1 km ke arah timur Kebun Raya Purwodadi ini dapat menyuguhkan berbagai hasil kebun Pepino.

"Setiap pohon Pepino mampu menghasilkan 20 kilogram bila berada dalam kondisi yang bagus," terang Yulianto.

Buah yang berasal dari pohon setinggi 2 meter ini mengandung banyak khasiat. Mulai melindungi tubuh dari diabetes mellitus, batu ginjal, liver, penyakit jantung, stroke, hingga mampu mengurangi lemak dalam tubuh.

"Menurut pengalaman pengunjung agrowisata, memakan Pepino dua biji setiap hari selama dua minggu, dapat menurunkan berat badan hingga 4 kilogram," tuturnya.

(nrm/fat)(http://surabaya.detik.com)

Post a Comment

0 Comments