Peluang Dan Cara Usaha Laundry Kiloan Modal Kecil


KIMnews-Bagaimana cara usaha laundry kiloan modal kecil? Apakah peluang usaha laundry kiloan masih menjanjikan dan menguntungkan? Dewasa ini ritme hidup semakin dinamis, tuntutan kerja makin padat. Terutama di daerah perkotaan. Kesibukan bekerja membuat orang tidak memiliki waktu untuk mengurus hal kecil yang menyita waktu, yaitu cucian.

Karena itu usaha laundry kiloan masih memiliki prospek yang menjanjikan dan menguntungkan. Meskipun sudah banyak pemain untuk usaha laundry kiloan ini. Namun dengan cara usaha laundry kiloan yang tepat, Anda tetap dapat meraup keuntungan dari share market yang sangat potensial ini. Coba saja perhatikan sekitar Anda, ada saja usaha laundry baru bermunculan setiap saat. Ini membuktikan bahwa usaha jasa laundry masih memiliki prospek yang harum dan kinclong. Juga karena modal usaha laundry kiloan tidak terlalu menyita banyak dana.

Anda dapat menggabungkan usaha laundry kiloan dengan usaha jus buah segar di rumah Anda. Namun jika tidak ingin ribet dengan urusan memulai usaha baru sendiri, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli franchise laundry.

Cara Usaha Laundry Kiloan Modal Kecil

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah lokasi. Dalam banyak kasus, lokasi menjadi hal yang paling menentukan keberhasilan sebuah usaha, termasuk usaha laundry. Menurut saya lokasi paling tepat untuk usaha laundry adalah di dekat pemukiman. Mendirikan usaha jasa laundry di daerah pertokoan akan membebani Anda dengan biaya sewa tempat yang tinggi dan kurang dekat dengan market Anda.

Setelah membidik daerah pemukiman tertentu, kemudian lakukan survei kecil-kecilan. Apabila di daerah tersebut banyak dijumpai usaha laundry, maka daerah tersebut memiliki prospek yang bagus untuk usaha laundry kiloan. Anda tinggal berpikir untuk bisa mendapatkan share market diantara kompetisi market yang ketat tersebut. Lakukan survey terhadap kompetitor, kenali keunggulan dan kelemahan mereka satu per satu. Temukan satu keunggulan yang belum mereka miliki yang dapat memenangkan hati konsumen untuk Anda jadikan kekuatan bagi usaha laundry Anda. Jika Anda tidak menemukan satu atau lebih keunggulan, maka sebaiknya hindari daerah tersebut, cari daerah lain dengan lebih sedikit kompetisi, misal daerah pinggiran. Biasanya akan dibutuhkan modal lebih dalam pertarungan kompetisi tersebut, jadi sebagai pemain usaha laundry modal kecil, mari kita menyisir daerah pinggiran.

Di daerah pinggiran akan ada lebih sedikit usaha laundry, atau bahkan mungkin belum ada usaha jasa laundry. Maka Anda harus melakukan survey potensi market. Lakukan survey kecil-kecilan untuk mengetahui minat dan tanggapan masyarakat terhadap usaha laundry Anda. Adalah tambang emas apabila Anda dapat menemukan lokasi yang belum ada kompetitor, sementara minat masyarakat terhadap jasa laundry tergolong tinggi.

Setelah mendapatkan lokasi yang bagus, langkah selanjutnya dari cara usaha laundry adalah mempersenjatai usaha laundry kiloan Anda dengan peralatan berkualitas. Hal itu akan turut membentuk kualitas usaha laundry Anda. Mesin cuci berkualitas memiliki daya cuci yang lebih baik. Dengan modal kecil yang Anda miliki, Anda dapat membeli mesin cuci bekas, namun tetap berkualitas. Jangan menurunkan kualitas mesin cuci, karena sifatnya permanen jangka panjang, maka pilihlah mesin cuci yang bagus.

Point ketiga adalah strategi pemasaran dan promosi yang unik dan menarik. Ini tergantung kreatifitas Anda. Promosi standar adalah dengan menyebarkan brosur atau selebaran di area sekitar lokasi usaha Anda. Bisa juga dengan membuat sistem keanggotaan atau membership, 10 kali cuci gratis 1 kali cuci. Bisa juga dengan lomba, yang paling banyak mengumpulkan cucian (akumulasi) tiga bulan akan mendapat reward tertentu. Silakan kembangkan cara promosi sesuai dengan kreatifitas Anda.

Analisa Usaha Laundry Kiloan Modal Kecil

Berapakah modal usaha laundry kiloan yang harus Anda siapkan? Apa saja variabel biaya operasional yang harus dikeluarkan tiap bulan untuk usaha usaha laundry kiloan? Bagaimana gambaran keuntungan yang bakal diperoleh? Berikut ini saya sajikan analisa usaha laundry kiloan modal kecil sebagai bagian dari cara usaha laundry yang harus Anda ketahui.

Modal Usaha Laundry Kiloan

Mesin Cuci 2 unit Rp 4.000.000,-

Mesin Pengering 1 unit Rp 1.500.000,-

Setrika 2 unit Rp 300.000,-

Timbangan 1 unit Rp 100.000,-

Tempat baju kotor Rp 200.000,-

TOTAL Rp 6.100.000,-


Biaya Operasional Per Bulan

Gaji 2 Karyawan Rp 1.500.000,-

Deterjen, Softener, Pewangi Rp 350.000,-

Air dan Listrik Rp 500.000,-

Plastik Rp 100.000,-

Promosi Rp 250.000,-

TOTAL Rp 2.700.000,-

Target 1 hari mencuci pakaian konsumen 25 kg dengan harga Rp 6 ribu per kg. Maka omset yang didapatkan per hari adalah 25 kg x Rp 6.000 = Rp 150.000,-

Omset satu bulan: Rp 150.000 x 30 hari = Rp 4.500.000,-

Laba bersih per bulan: Rp 4.500.000 – Rp 2.700.000 = Rp 1.800.000,-

Break event point: Rp 6.100.000 / Rp 2.700.000 = 2,26 bulan atau 67,8 hari

Tak jarang orang menjalani usaha laundry sebagai salah satu jenis usaha sampingan ibu rumah tangga, karena dapat dikerjakan tanpa mengganggu tugas sebagai ibu rumah tangga. Dengan modal usaha laundry kiloan menggunakan mesin cuci yang memang sudah ada di rumah. Dan itu bakal menjadi cara usaha laundry kiloan modal kecil, bisa dikatakan tanpa modal

@pojokbisnis.com

Post a Comment

0 Comments